skip intro/masuk

Logo sciemics

Kamis, 13 September 2012

Bingung Sebenarnya dengan Kondisi Ini pernah lihat yang seperti ini??

Share on :


pernah lihat yang seperti ini??

ya,, mungkin temen-temen suka bertemu dengan beberapa diantara mereka ketika sedang dalam perjalanan. Ini cerita saya ketika menaiki bis damri saat kembali ke bandung dari libur  lebaran kemarin. Serba salah memang. Saat ini, jika dilihat, anak-anak jalanan yang mengamen atau meminta-minta cenderung bertambah jumlahnya. Mungkin waktu dulu, wallahualam, yang saya perhatikan anak-anak yang berada di jalanan pakaiannya kumal-kumal sekali, dan memang sepertinya tidak memiliki tempat tinggal. Makin kesini, saya melihat fenomena yang mungkin sudah dirasakan juga oleh temen-temen. Anak jalanan makin banyak. Tapi anehnya, sekarang ada anak jalanan yang dari segi penampilan masih cenderung bersih dan memakai pakaian yang layak pakai. Kemarin ketika di bis damri, ada dua anak kecil perempuan yang mengamen. Saya perhatikan,, mereka dengan baik. Yang satunya sudah sedikit besar, sekitar kelas 3 atau 4 SD, satunya masih kecil sekali. seperti masih TK atau sekitar umur 4-5 tahun. Mereka menyanyikan lagunya dengan mimik yang lucu, khas anak-anak. suara nyaringnya juga khas anak-anak. Saya sampai senyum-senyum sendiri melihat kelakuan mereka. Tapi ketika itu saya berpikir "mau ngasih gak ya??" bingung. Karena saya jujur, kurang suka kalo mau ngasih uang ke anak kecil seperti itu, khawatir nanti malah membiasakan mereka untuk meminta-minta. Tetapi , saya kan tidak tahu apakah mereka di rumah siapa tau benar-benar membutuhkan. Dari segi penampilan mereka cenderung rapih. Memakai sendal yang bagus, bukan sendal capit biasa. Akhirnya saya memutuskan untuk memberikan sedikit uang saya kepada mereka. Apakah saya salah ketika melakukan hal seperti itu? saya takut walaupun sedikit, itu bisa membangun mental generasi muda sekarang menjadi generasi peminta-minta. sedang di lain sisi, fenomena di sekitaran kampus saya, banyak sekali. orang tua yang notabenenya masih memiliki fisik yang kuat dan mampu untuk bekerja, memilih untuk duduk di pintu-pintu masuk kampus, menanti ada orang yang meng-infak-kan hartanya. Harus seperti apa kawan-kawan? ketika kita menemui hal seperti ini?? saya bingung jujur. Apa yang harus saya lakukan. mari kita cari jawabannya, apa yang bisa kita lakukan untuk Indonesia?

By: Dewi Hardianti Pratiwi

0 komentar:

Posting Komentar