skip intro/masuk

Logo sciemics

Jumat, 29 April 2011

RIBA DI SEKITAR KITA

Share on :

PERINGATAN!! Hanya untuk dibaca muslim yang mau mencoba meninggalkan larangan Allah tanpa kecuali dan tanpa sikap pragmatis berlebihan.....

Riba ada di mana2 di sekitar kita. Walaupun kita yakin tidak terlibat di dalamnya, paling tidak debunya nempel ke kita. Dosa riba yang paling ringan setara dengan berzina dengan ibu kandung sendiri. Pemakan, pemberi, saksi2, dan pencatat transaksi riba semuanya DILAKNAT Allah. Muslim yang benar2 takwa pasti KECUT kalau tahu betapa besar bahaya dan dosa riba. Allah memerangi para pelaku riba. Mau di manakah kita berpihak? Pendukung riba? atau Memerangi riba?

Berikut ini adalah daftar perbuatan/efek riba yang dapat kita temui sehari-hari dan saran untuk menghindari/memerangi-nya.

1. Perbankan
Tidak perlu dikomentari. Saran: jangan menabung dan meminjam di sana kecuali sedikit untuk keperluan transfer darurat.

2. Uang kertas
Tidak perlu dikomentari. Saran: gunakan seminimal mungkin kecuali untuk keperluan harian. Ini salah satu debu riba yang tidak dapat kita hindari langsung secara frontal saat ini.

3. Kartu Kredit
Ada yang menganggap bukan riba (hanya alat pembayaran) kecuali gagal bayar sehingga terkena bunga pinjaman. Tetap saja seperti bermain dipinggir jurang. Saran: tidak usah digunakan sama sekali. Bayar tunai saja.

4. Lembaga Keuangan/Pembiayaan
Cirinya dalah: lembaga yang memberikan/menjual barang secara kredit, di mana harga tunai dan harga kreditnya berbeda (harga kredit lebih tinggi dari harga tunai). Bahkan harga kredit untuk tempo pengembalian yang berbeda memiliki harga yang berbeda. Ini termasuk dalam dua transaksi dalam satu akad. Saran: Jangan membeli sesuatu yang tidak dapat Anda beli secara tunai. Atau kalau bisa dibeli kredit, carilah kredit yang harga tunai-nya sama dgn harga kreditnya (walaupun kemungkinan besar sangat kecil).

5. Rentenir
Tidak perlu dikomentari. Persis seperti Bank. Jangan dekat2.

6. Inflasi
Ini efek standar dari riba uang kertas dan perbankan.

7. ORI
Konsepnya persis sama dengan pinjaman berbunga. Ini teknik pemerintah untuk "meredam" inflasi dgn cara menarik uang masyarakat. Jangan coba2.

8. Forex trading
Pertukaran uang untuk spekulasi. Mata uang (uang kertas) nya saja riba, apalagi jual-beli-nya...

Ada yang mau menambahkan??

From http://wakalasauqi.blogspot.com/search/label/riba

0 komentar:

Posting Komentar