skip intro/masuk

Logo sciemics

Minggu, 04 Agustus 2013

Ramadhan with SCIEmics

Share on :



Flashback dalam Ramadhan ini ada beberapa kegiatan (kebanyakan di luar program kerja SCIEmics) yang harus dilalui. Diantaranya memenuhi undangan Radio Show Ramadhan ke TV ONE, membantu melaksanakan amanah kepanitiaan BAKSOS Ramadhan Al-Furqan, setoran ZIEE, mengurus administrasi untuk persiapan MOKA, memenuhi undangan dialog Ramadhan menjelang magrib dari UKM keisalaman, Silaturahim dan buka bersama pengurus, dan PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru), serta mempersiapan SAT (Sharia Academic Training).


Dalam pelaksanaannya kami menjumpai berbagai tantangan (udah pasti), seperti pada saat harus mengumpulkan masa 90 orang untuk memenuhi undangan ke TV ONE, sehingga menuntut untuk saling berkoordinasi dengan KSEI-KSEI lain se-Bandung. Alhamdulillah dengan pertolongan Alloh semuanya dapat berjalan dengan lancar. Kami pun masuk TV.. (Hhe saya kebagian yang nanya euy).
Saat itu kami dari UPI 24 orang (ada beberapa rekan kami dari ASSALAM FPEB) kebagian untuk menjadi audience pada topik “Pariwisata Syariah di Jawa Barat” dengan narasumber Bapak Gubernur Jabar (bisa didownload videonya via youtube yak). Selain mendapatkan ilmu kami pun alhamdulillah dapat menjalin silaturahim dan memperkuat ukhuwah antar pengurus SCIEmics, dan dengan KSEI lain se-Jabar. (dapat cash back juga n.n)


Tantangan kedua, yaitu saat harus menunaikan amanah yang diberikan kepanitiaan Ramadahan Al-Furqan kepada UKM SCIEmics untuk membantu dalam hal menebar donasi 1001 bingkisan Ramadhan. Saat itu saya selaku yang bertanggung jawab dalam mengkordinir teman-teman sedikit kesulitan. Karena kebanyakan teman-teman memiliki berbagai kesibukan lain (kuliah, pulkam, panitia ramadhan di tempat lain, dll). Tapi tidak mengapa karena teman-teman SCIEmics memang luarbiasa, walaupun amanah dimana-dimana tapi tetap komit untuk berpartisipapsi pada kegiatan ini. Teringat pada ceramah tarawih yang menyinggung tentang amalan-amalan di bulan Ramadhan, salah satu yang paling utama adalah bersedekah. Insyaalloh kami melihatnya sebagai peluang, karena bersedekah tidak hanya dalam bentuk materil namun juga bersedekah tenaga dan fikiran atau hanya senyum sekalipun apabila dilaksanakan dengan ikhlas maka itu akan bernilai sedekah.


Ruangan demi ruangan kami jelajahi dengan membawa map lalu memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud kami untuk menghimpun donasi. Dari mulai ruangan kelas, ruangan resepsionis hotel, sampai dengan ruangan rektor kami datangi. Banyak pengalaman menarik yang kami alami. (Dari mulai dimarahi, diajak berdiskusi, dan di-PHP-in). Walaupun saat bertugas kami tidak mengatas namakan panitia ramadhan (bukan SCIEmics). Namun Alloh maha mengetahui dan mudah bagi Alloh untuk memberitahu kepada pihak yang Ia kehendaki. Seperti ketika memasuki ruangan Pembantu Rektor Bagian Kemahasiswaan. Ketika itu kami menggunakan jaket SCIEmics, saat itu pak Dadang bertanya.


“Itu jaket panitia?”

saat itu kami tanpa bermaksud riya (insyaalloh), “bukan pak, ini jaket SCIEmics”

“Oo SCIEmics iya bagus, lanjutkan..” jawabnya. Dan masih banyak lagi kejadian unik lainnya.

(beritanya bisa dilihat di web UPI)


Menjelang Penerimaan Mahasiswa Baru (saat itu pemberitahuan dari pihak BEM REMA agak terlambat, pemberitahuan bahwa untuk tahun ini PMB dilaksanakan tidak serentak, alias per-Fakultas).

Saat hari pertama dan kedua PMB, kami belum membuka stand karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan, memang karena dengan keadaan seperti ini akan memudahkan pihak HMJ namun membuat UKM harus sedikit ber’sabar’ karena waktu yang lebih panjang. Alhasil dapat terlihat dari stand UKM yang berdiri hanya beberapa saja (UKM keIslaman UKDM, KALAM, PMK, KMK, dan UKM ekstrakampus/ KAMMI).


Hari pertama tanggal 30 Juli 2013. PMB yaitu fakultas FPTK, FPMIPA dan FPIPS.

Kebanyakan teman SCIEmics hari itu masih melaksanakan UAS SP. (Perkuliahan masih berjalan seperti biasa, dan PMB dengan suasana cukup ramai memberi kesan tersendiri karena setiap fakultas memilki ke-khas-an nya masing-masing).


Hari kedua. Rabu, 31 Juli 2013.

PMB giliran FIP dan FPOK. Saat itu kami (beberapa pengurus SCIEmics) memutuskan untuk mulai menyebarkan pamplet. Pamplet yang dibuat oleh departemen HRD dibagikan kepada mahasiswa baru yang akan dan selesai registrasi di BAAK, ataupun disekitar stand-stand UKM.

Siang harinya dengan SMS dadakan yang saya kirim kepada pengurus inti SCIEmics untuk melaksanakan Rapim dan menyusun perencanaan sekaligus evaluasi. Alhamdulillah evaluasi dihadiri oleh seluruh perwakilan tiap divisi. Saat itu sekitar pukul 13.30 kami berkumpul di depan gedung Isola, sembari menunggu teman yang lainnya kami mengawalinya dengan obrolan santai, saling tegur sapa dan bergurau. (sempat tercetus proker SGW ‘SCIEmics Goes to Walimahan’ hhe tujuan nya untuk mempererat ukhuwah dan kekeluargaan di SCIEmics. hayo siapa yang mau dikunjungi??. Selain itu ada tugas untuk tiap pengurus yang pulang kampung! apa itu>> yaitu membawa makanan khas daerahnya masing-masing, tujuannya untuk melestarikan dan memperkenalkan kekayaan kuliner daerah masing-masing J)



Rapat dimulai pukul 14.00 bertempat di taman pertere. Dibuka dengan basmallah dan tadarus Juz ‘Amma. (Sesuai SOP rapat: 1. Dibuka dengan basmallah. 2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an 3. Posisi duduk menghadap pimpinan rapat dengan hijab/ menjaga jarak ikhwan dan akhwat 4. Ada taujih/ sharing ilmu oleh peserta rapat 5. Ditutup dengan pembacaan kesimpulan, hamdalah dan doa akhir majelis 6. Tidak menggangu waktu sholat #sekalian sosialisasi^^) Saat rapat berlangsung kami saling bertukar fikiran untuk SCIEmics yang lebih baik lagi. Kondisi internal SCIEmics tak luput dari bahasan, proker yang sudah dan belum terlaksana. Dan teknis untuk PMB selanjutnya yaitu di keesokan harinya.

Alhamdulillah rapat selesai tepat saat adzan asar berkumandang dengan hasil catatan evaluasi tiap proker yang sudah terlaksana dan persiapan proker yang terdekat yaitu PMB.

Esok harinya kami melaksanakan PMB. Banyak suka duka saat menjaring mahasiswa baru untuk menyampaikan informasi mengenai organisasi UKM SCIEmics ini.

Semangat!


Hari ketiga PMB, Kamis 1 Agustus 2013. Saatnya untuk FPEB dan FPBS.

Kami putuskan untuk membuat stand di samping gedung amphiteater bersebelahan dengan Stand UKDM. Pagi hari, saya dan kawan-kawan yang standby saat itu bergegas membawa barang-barang yang dibutuhkan den mendirikan stand. Pembagian tugas dan koordinasi perlu diutamakan, terlebih hari itu pengurus SCIEmics membagi peran di stand prodi Ilmu Ekonomi Keuangan Islam dan perannya di hmpunan masing-masing.

Dengan sumber daya yang boleh dikatakan pas-pasan kamipun melaksanakan segala rupa prosedur untuk mendata mahasiswa baru guna memburu calon-calon ekonom rabbani. (bahkan seringkali saat mewawancara maru kami harus melaksanakannya seperti kuliah umum. Karena cukup banyaknya jumlah maru yang datang bersamaan. #salut buat yang kerja rodi ngewawancara, dan yang bolak-balik ngejaring maru,  mudah-mudahan sing ikhlas yak J)


“Assalamu’alaikum apa kabar? (dengan senyum hangat) perkenalkan saya XX, selamat datang di kampus UPI, selamat datang di stand UKM SCIEmics, bagaimana kesannya masuk UPI?, apa yang sahabat ketahui tentang ekonomi Islam?,, SCIEmics adalah..., dst “ kurang lebih seperti itu yang disampaikan oleh teman-teman seperjuangan di stand kami.( Berbagai macam respon berbeda dari setiap maru yang kami wawancarai, ada yang antusias, yang biasa saja, yang ngangguk-ngangguk, yang bingung, bahkan yang ketawa-ketiwi dll).


(Sempat terlintas dalam benak saya ketika menunggui stand, sekitar beberapa moment saya termenung bahwa tujuan kita menjaring maru bukan semata-mata untuk melestarikan organisasi ini, atau bahkan sampai ada mindset berebut kader dengan himpunan atau UKM keIslaman lain. Bukan itu! Yang utama adalah untuk berjuang menegakkan agama Alloh khususnya melalui jalan pembumian pemahaman Islam dibidang ekonomi. Alloh menghendaki umatnya untuk satu Ummatan Wahida, bukan untuk terpecah belah. Yang perlu diperjuangkan adalah teman-teman yang belum tersentuk dakwah. Bukan masalah bagi mereka yang memilih UKDM, KALAM, Al Qolam, BAQI, UPTQ, atau ekstarakampus KAMMI, HTI, HMI. Semuanya sama-sama memperjuangkan Islam! melalui cara dan jalannya masing-masing. Dan kita patut berbangga dan bersyukur karenanya, yaitu dengan menjalankan peran kita dalam menunaikan amanah-Nya yang ‘kebetulan tersisipkan’ dan ditakdirkan kepada kita yang terhimpun dalam sebuah wadah kebanggaan kita bersama bernama STUDY COMMUNITY OF ISLAMIC ECONOMICS)



Hari keempat hari terakhir PMB Jum’at, 2 Agutus 2013.

Pagi harinya selepas subuh saya delegasikan teman-teman pengurus SCIEmics untuk mengkodisikan stand UKM SCIEmics dan stand IEKI. Melihat situasi dan kondisinya pada penerimaan mahasiswa baru jalur bidik misi yang mengharuskan panitia untuk banyak berkoordinasi dengan PJ fakultas, ditambah double job pengurus SCIEmics untuk menghandle prodi IEKI maka kami memutuskan untuk mendirikan stand SCIEmics di FPEBsaja berdampingan dengan stand prodi IEKI.

Alhamdulillah dengan sumberdaya yang ada kami mampu mengkondisikan serta mendata mahasiswa baru yang terjaring baik dari prodi IEKI dan prodi lain FPEB yang mengunjungi stand SCIEmics.

PMB hari terakhir pun terselesaikan dan menyisakan pekerjaan rumah bagi kami panitia/ pengurus SCIEmics (khususnya departemen HRD dan panitia PMB IEKI untuk merekap dan mendata serta memfollow up bagi mereka yang berminat bergabung dengan SCIEmics serta mempromosikan acara Sharia Academic Training)

Alhamdulillah dengan pertolongan Alloh hari demi hari kami lalui dengan rutinitas kuliah dan organisasi ini. Silih berganti amanah yang kami emban di SCIEmics. Mudah-mudahan tidak ada yang sia-sia.

Teringat pesan yang tertulis di stand SCIEmics saat itu.


By: Faris Azka

0 komentar:

Posting Komentar