skip intro/masuk

Logo sciemics

Rabu, 06 Maret 2013

MAHASISWA SCIEMICS UPI SABET JUARA TEMU ILMIAH REGIONAL (TEMILREG) JAWA BARAT

Share on :

Bandung, Maret 2013
   
    Sembilan orang mahasiswa UPI yang juga anggota dari UKM SCIEmics (Study Community of Islamics Economics) UPI mengikuti ajang lomba Temu Ilmiah Regional (Temilreg) se-Jawa Barat yang diselenggarakan tanggal 28 Februari -3 Maret 2013 kemarin di Universitas Kuningan.

    UPI mengirimkan sembilan orang yang diantaranya 3 tim yang mengikuti lomba olimpiade ekonomi islam dan 2 orang yang mengikuti LKTEI. 3 Tim yang mengikuti  lomba olimpiade ekonomi islam terdiri dari Tim 1 yang beranggotakan Lia Amalia (Pendidikan Manajemen Perkantoran 2012), Indria Fitri Ariyana (Akuntansi 2012), dan Nurhilmi (Pendidikan Bahasa Arab 2011), Tim 2 yang beranggotakan Melly Lidea (Pendidikan Akuntansi 2010), Irni Inayah Rahman (Akuntansi 2011), dan Winda Waridah (Akuntansi 2011), serta Tim 3 yang beranggotakan Dina Rahmawati (Pendidikan Manajemen Perkantoran 2011), Deby Nurhikmah (Pendidikan Akuntansi 2011), dan Tia Meida (Pendidikan Ekonomi 2011). Begitupun LKTEI diikuti oleh 2 orang  yaitu Naila Amalah (Pendidikan Manajemen Perkantoran 2011) dan Faris Azka (Pendidikan Akuntansi 2011).
    
Seleksi perlombaan terasa cukup ketat, mulai dari seleksi tes tulis, Lomba Cerdas cermat, hingga presentasi studi kasus yang dilaksanakan guna meraih juara yang diharapkan, dan alhamdulillah setelah melewati tahap seleksi demi seleksi akhirnya UPI mendapatkan 4 juara sekaligus dan mendapatkan juara umum karena telah meraih piala terbanyak dibandingkan dengan universitas yang lain.

    Ajang perlombaan yang di selenggarakan oleh UKM Forsesy (Forum Silahturahmi Ekonomi Syariah) Universitas Kuningan bersama FOSSEI (Forum Silahturahmi Studi Ekonomi Islam) Jawa Barat ini diikuti oleh 10 Universitas se-Jawa Barat diantaranya Universitas UPI, UNPAD, UNISBA, EKUITAS, UIN, STAI CIREBON, TASIK, UNIVERSITAS KUNINGAN, dan MUHAMMADIYAH.

    Perlombaan yang dilaksanakan cukup bergensi dan menegangkan, dimulai dari tahap tes tulis olimpiade yang hanya memilih 9 besar tim yang memiliki nilai tertinggi, dilanjutkan dengan lomba ketangkasan cerdas cermat yang dipilih 3 besar lagi, dan kemudian masuk final yang dimana ketiga besar finalis diberikan tiga buah studi kasus yang telah diacak kemudian harus memperesentasikannya di hadapan ketiga juri dan para peserta yang lain. Begitupun LKTEI yang terdiri dari 7 peserta yang mengirimkan karya tulisnya kemudian dipilih lagi 3 besar yang memiliki karya tulis terbaik dan mempersentasikannya di hadapan juri.

    Akhirnya UPI mendapatkan 2 juara olimpiade yang masing-masing terdiri dari juara 2 yang diraih oleh tim 3 SCIEmics UPI (Dina Rahmawati/Pendidikan Manajemen Perkantoran 2011, Deby Nurhikmah/Pendidikan Akuntansi 2011, dan Tia Meida/Pendidikan Ekonomi 2011), dan juara 3 yang diraih oleh tim 1 SCIEmics UPI (Lia Amalia/Pendidikan Manajemen Perkantoran 2012, Indria Fitri Ariyana/Akuntasi 2012, dan Nurhilmi/Pendidikan Bahasa Arab 2011) setelah juara 1 sebelumnya diraih oleh Universitas Padjadjaran (UNPAD). Dalam hal LKTEI, UPI pun mendapatkan 2  juara pula yang terdiri dari juara 1 LKTEI yang diraih oleh Naila Amalah (Pendidikan Manajemen Perkantoran 2011) dan juara 3 LKTEI yang diraih oleh Faris Azka (Pendidikan akuntansi 2011).

    Alhamdulillah UPI pun mendapatkan gelar juara umum karena telah membawa 4 juara dan telah mengalahkan beberapa universitas lain. Merupakan suatu kebanggaan lagi bagi UPI bahwa mahasiswa-mahasiswanya telah memiliki prestasi yang cukup membanggakan dan dapat membawa nama UPI lebih baik lagi ke luar kota dan beberapa universitas lain.

Semua prestasi yang telah diraih tidak terlepas oleh bimbingan dan dukungan dari para pembina SCIEmics, Bpk. Fuad Afdman dan Bpk. Amir Mahmud, juga para pembimbing LKTEI dan olimpiade, Kang Aris Rizal Gozali, Kang Ade Suyitno, Kang Helmy Cahya Muhammad, Kang Hilmi Mu’tashim, Teh Kumita Ary, dan Teh Ai Tety yang telah jerih payah dan memanfaatkan waktunya yang berharga demi sebuah tujuan mulia yakni mengukir prestasi pada SCIEmics dan UPI. Terimakasih yang sebesar-besarnya atas perjuangan-perjuangan beliau.

Sudah sepatutnyalah kita dapat mencontoh beberapa prestasi yang telah diraih dan mempertahankannya serta membawa nama harum universitas kebanggaan kita ini. Dengan semua hasil yang telah dicapai, semoga bisa memberikan motivasi bagi kita semua untuk terus berprestasi bukan saja dalam bidang akademik tapi juga dibidang lain dan semoga kita bisa terus memperdalam lagi ekonomi islam bukan saja untuk mengikuti perlombaan seperti ini tapi juga untuk diaplikasikan yang nantinya bisa merubah Indonesia lebih baik lagi dan lagi. Aamiin. (Dina Rahmawati)


0 komentar:

Posting Komentar