skip intro/masuk

Logo sciemics

Sabtu, 15 September 2012

Muslim Sehat dan Indah dengan Senyuman

Share on :


Muslim Sehat dan Indah dengan Senyuman

Senyuman, merupakan hal yang sangat simpel ya... hanya menarik ujung-ujung bibir dan menahannya untuk beberapa detik, senyum juga merupakan hal yang sangat sederhana dan harganya juga sangat murah, tapi memiliki pahala yang Luar Biasa (ingat hadits tentang “Senyum adalah Sedekah”).
Pada dasarnya semua orang bisa tersenyum kapan saja dan dimana saja, namun senyuman pun membutuhkan keseimbangan fisik maupun mental lho. Senyuman itu dapat menggambarkan suasana hati seseorang, ada orang yang memang murah senyum sehingga ketika bertemu dengan saudaranya selalu melemparkan senyuman, namun ada juga orang yang susah untuk tersenyum, sehingga ketika bertemu dengan seseorang dia terkesan cuek dan “lempeng”. Ayooo, kita bersama-sama mengkaji tentang gerakan simpel  ini,
Rasulullah senantiasa memotivasi seorang muslim untuk menemui saudaranya dengan wajah ceria. Rasulullah saw. bersabda, “Janganlah engkau sekali-kali meremehkan suatu kebaikan, walaupun itu hanya sekedar untuk menemui saudaramu dengan wajah ceria”. (HR. Muslim).
Senyum itu ibarat harta karun teman-teman,, yang berharga namun tidak membebani anda dengan satu dirham atau juga dollar pun. Senyum merupakan kunci dari segala kebaikan dan penutup dari segala kejahatan. Senyum mempunyai kekuatan sihir yang ajaib dan pengaruhnya sangat menakjubkan. Seseorang tidak mungin mengabaikannya senyuman, jika ingin mendapatkan cinta dari orang lain. Senyum adalah kuncinya.
Baca baik-baik hasil penelitian para ahli berikut ini ya teman2...
Dalam ilmu kesehatan, diketahui ternyata ketika seseorang tersenyum itu membutuhkan 43 otot untuk cemberut dan hanya 17 otot untuk tersenyum. Namun beberapa lainnya menyebutkan dibutuhkan 62 otot untuk cemberut dan hanya 26 otot untuk tersenyum. Selain itu tersenyum juga bisa meningkatkan kesehatan seseorang dan membuat hidupnya lebih menyenangkan. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan seseorang dengan tersenyum, seperti yang dikuti dari detikHealth, Jumat (02/12/2011) yaitu,
Pertama, senyum membuat seseorang lebih menarik,
Seperti yang telah disampaikan oleh Aa Gym bahwa ketika kita bertemu dengan saudaranya harus melemparkan 5 S : Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun. Yang pertama harus kita lakukan adalah senyum, Yaa...senyum.. karena dengan melemparkan senyum kepada orang lain, maka kita bisa menarik orang tersebut untuk melakukan 4 S setelahnya. Berbeda jika pertama bertemu kita malam melemparkan muka cemberut dan mengerutkan kening, yang ada orang yang berhadapan sama kita akan berpikir, “Ini orang kenapa ya?? Muka cemberut gitu, lagi banyak hutang kaleee..” hhehehe.
Kedua, senyum bisa mengubah suasana hati,
Ingatkah kau tentang kisah Rasulullah yang ketika didatangi seorang Arab Badui?? Dengan serta merta orang Badui tersebut menarik selendang Rasul dengan kasar, sehingga tampak bekas merah di leher Rasul. Dan orang Badui itu bersuara keras, “Wahai Muhammad, perintahkan sahabatmu untuk memberikan harta dari Baitul Maal!” lalu Rasul menoleh ke arahnya seraya tersenyum. Dan kemudian beliau menyuruh sahabatnya memberi harta dari Baitul Maal kepadanya. Jika kita menilai sebagai orang biasa nan awwam, pasti akan berpikir, “Kenapa Rasul malah tersenyum, bukannya malah meminta sahabat-sahabatnya yang ada bersama beliau untuk melawan orang Badui tersebut. Memang inilah yang diajarkan oleh Rasulullah, tersenyum.. namun ada kemungkinan saat kita berada di posisi Rasul, kita bisa tersenyum untuk menghilangkan rasa takut dan rasa marah kita kepada orang Arab Badui tersebut. senyum bisa membuat hati kita lebih tenang dan melepaskan saraf-saraf ketakutan yang ada pada diri kita.
Ketiga, senyum bisa menular,
“Senyuman yang tulus dari seseorang memberikan refleksi kejiwaan positif kepada orang lain. Seorang muslim selalu diajarkan agar memiliki sifat lapang dada dan senantiasa terbuka menebarkan senyuman kepada orang lain,”kata Qasim, Kamis, 3 September. Lebih jauh tentang makna senyuman, seorang muslim yang tersenyum saja sama telah menebarkan kegembiraan dan kasih sayang melalui senyumannya. Dan tidak akan terbalas dengan kecemberutan kepada kita jika kita senantiasa memberikan senyuman tulus kepada lawan bicara kita.
Keempat, senyum bisa meredakan stres,
Terkait dengan poin kedua, bahwa senyum bisa meredakan stres. Karena dengan tersenyum kita bisa memberikan terapi kepada diri sendiri untuk lebih tenang dan mendinginkan suasana hati. Stres merupakan akibat dari otak yang berfikir keras sehingga otot-otot pun ikut tegang karenanya, sehingga dibutuhkan oksigen segar untuk mengaliri otak yang tegang tersebut supaya lebih tenang dan dingin untuk berfikir. Oleh karenanya, ketika anda stres maka diamlah sejenak, tutup mata anda dan berikan sedikit kesempatan untuk oksigen mengalir tenang ke seluruh otak dan ikut mengalir bersama aliran darahmu.
Kelima, senyum bisa meningkatkan kekebalan tubuh,
Ketika seseorang tersenyum, maka ada energi positif yang mengalir di dalam tubuhnya, sehingga ini bisa meningkatkan fungsi imun yang akan membuat seseorang merasa lebih rileks dan terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek. Maka dari itu, jika anda ingin tetap sehat tanpa meminum obat kekebalan tubuh atau vitamin-vitamin maka lakukanlah senyum ikhlas dan positif sehingga tubuh kita pun akan teraliri oleh virus ikhlas dan positif tersebut.
Keenam, senyum bisa menurunkan tekanan darah,
Bersama kita ketahui bahwa salah satu penyakit yang mematikan adalah penyakit stroke, salah satu jenis stroke yaitu Stroke Hemoragik yaitu stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak. Hampir 70% kasus stroke hemoragik terjadi pada penderita hipertensi (darah tinggi). Dan pemicu hipertensi itu salah satunya adalah suasana hati yang tidak nyaman (marah-marah), sehingga hal ini memicu tekanan pada otak dan akhirnya terjadi sumbatan, penyempitan atau pecahnya pembuluh darah yang mengakibatkan kurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Nahh, teman-teman sekalian..telah saya sebutkan di atas bahwa dengan senyum maka kita bisa merilekskan otak dari beban berfikir, sehingga sebenarnya salah satu obat dari penyakit stroke ini yaitu tersenyum. Dengan tersenyum otak kita rileks àhilangnya tekanan pada otak à aliran darah dan oksigen bisa lancar mengaliri otak à kita menjadi Muslim yang sehat terhindar dari STROKE.
Ketujuh, senyum bisa melepaskan endorfin, penghilang rasa sakit dan serotonin,
Di dalam tubuh manusia ada yang disebut hormon endorfin dan hormon serotonin. Hormin endorfin yaitu hormon yang menjadi biang kebahagiaan, jumlahnya meningkat seiring dengan aktivitas tertawa. Sedangkan hormon serotonin yaitu hormon yang diproduksi di saluran pencernaan. Hormon ini berfungsi mengontrol mood atau suasana hati, nafsu makan dan tidur. Sehingga dengan tersenyum seseorang bisa mengontrol moodnya dengan baik dan menyehatkan pula.
Kedelapan, lipatan senyum wajah bisa membuat orang terlihat lebih muda,
Demikian menurut penelitian Oxford University. Manfaat tertawa cukup banyak. Saat tertawa, sekitar 15 otot wajah akan berkontraksi. Ini akan membantu menghaluskan danmengencangkan kulit wajah. Dan, kalori yang terbakar selama 30 menit tertawa lepas, setara dengan angkat beban selama 30 menit. Oleh karenanya supaya anda terlihat awet muda tidak perlu perawatan yang ekstra, yakni cukup sering tersenyumlah.
Kesembilan, tersenyum bisa membuat orang terlihat sukses,
Orang yang tersenyum akan terlihat lebih percaya diri, selain itu pasang senyum di setiap pertemuan dengan orang lain akan memiliki reaksi yang berbeda.
Kesepuluh, senyum bisa membantu orang tetap positif,
Senyum akan membuat orang lebih positif dan mengurangi pikiran negatif. Dengan mengurangi depresi, stres dan khawatir maka kesehatan seseorang juga akan meningkat dan menghindarinya dari berbagai risiko penyakit.
Di atas telah disebutkan 10 kajian tentang makna dari senyuman dilihat dari sudut pandang agama, kesehatan, dan psikis seseorang. Namun, ternyata.. pepatah China juga ada yang mengatakan, “Orang yang tidak bisa tersenyum dengan baik, tidak layak untuk berdagang”. Nah, luar biasa bukan?? Ternyata senyum juga sangat diperlukan saat orang itu menjalankan bisnis, karena senyum itu memiliki arti yang luar biasa oleh lawan bicara kita, dengan senyum yang kita lemparkan mereka bisa menangkap sinyal kasih sayang dan penuh cinta. Seorang wanita yang banyak senyum menunjukkan bahwa dia mempunyai jiwa kewanitaan yang sempurna. Sementara seorang pria yang banyak tersenyum menunjukkan bahwa dia adalah orang yang familiar.
Oleh karenanya, senantiasa ukirlah senyum manis di wajah anda pembaca. 

salam ~Nice Muslimah
Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar