skip intro/masuk

Logo sciemics

Kamis, 13 Desember 2012

Nikmat Allah yang Seringkali Kita Sepelakan

Share on :

 
Bismillah...
"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak." (Q.S. Al-Kautsar [108] : 1).
Di antara nama-nama Allah yang baik (Asma ul Husna) adalah Ar-Razzaq, artinya Adalah Maha Pemberi Rezeki. Sahabat, sebagian umat Muslim beranggapan bahwa rezeki itu adalah hal-hal yang bersifat materi, seperti uang, emas, perak, dan harta benda lainnya. Namun tidak demikian halnya, hal-hal non materi juga adalah rezeki dari Allah, misalnya kesehatan, kelancaran segala urusan, ilmu, kebahagiaan, dan hal positif yang membawa nikmat lainnya.

Tentunya rezeki itu adalah nikmat dari Allah, bukan? Sudah sepatutnya kita kita mensyukuri apa yang Allah berikan untuk kita, bagaimana caranya bersyukur? Di antara cara bersyukur adalah kita mendirikan shalat, sedekah, berbagi ilmu, menolong orang yang sedang membutuhkan bantuan, memberi makan, dan hal-hal yang bersifat ibadah (amal shalih) lainnya, baik yang wajib maupun sunnah. Namun sangat disayangkan, kita seringkali lalai untuk mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah, Yang Maha Memberi Rizki.
Ketika kita lulus ujian sekolah misalnya, kita merayakan kesuksesan itu dengan cara berlebih-lebihan. Contohnya yaitu seperti membuat pesta mewah di rumah, membeli ini itu untuk keperluan pesta yang membutuhkan banyak biaya. Tetapi kita lupa bahwa lulus ujian sekolah itu adalah nikmat dari Allah yang patut kita syukuri, minimalnya kita membaca "Alhamdulillah" di setiap kali Allah memberi kita nikmat. Namun apa yang kita lakukan justru sebaliknya, bukannya bersyukur tetapi malah kufur nikmat, na'udzubillahi min dzalik.
Dalam setiap nikmat Allah yang telah Dia berikan untuk kita, baik yang besar maupun kecil tentunya kita harus bersyukur, iya kan? Nah Sahabat, seringkali kita tidak sadar bahwa ada beberapa nikmat yang seringkali kita sepelekan, padahal pengaruhnya sangat besar untuk kita. Mau tahu apa saja?
Mengedipkan Mata
Apa fungsinya mengedipkan mata? Fungsinya yaitu agar mata tidak perih dan selalu bersih, mengapa? Karena dalam setiap kedipan mata ada cairan pembersih yang keluar dari kelopak mata untuk menghilangkan debu dan kotoran, oleh karena itu kita tidak merasa perih dibuatnya. Bayangkan saja jika kita tidak berkedip selama satu menit saja, tentunya mata kita akan merasa perih, apalagi jika kita tidak bisa berkedip sama sekali? Na'udzubillahi min dzalik.
Mencium Bau
Sahabat sudah tahu kan bahwa fungsi hidung itu adalah sebagai indera pengecap bau, disamping sebagai alat pernapasan. Kita bisa mencium bau-bauan seperti bunga, parfum, kopi, teh, dan bau lainnya. Dan subhanallahnya dengan mencium bau itu kita bisa mengenali benda yang mengeluarkan baunya. Bayangkan jika kita tidak bisa mencium bau, apa kita bisa menikmati harumnya kopi, segarnya mint, sejuknya udara pegunungan dan yang bau-bauan lainnya?
Bersin
Jika diihat, bersin adalah hal yang sering terjadi ketika seseorang merasa alergi dengan sesuatu atau sedang sakit flu. Sungguh sangat nikmat jika penyakit dari dalam tubuh itu bisa kita keluarkan melalui bersin, terutama flu. Maka dari itu kita dianjurkan membaca "Alhamdulillah" sesudah bersin. Bayangkan jika kita tidak bisa bersin, pasti rongga hidung kita akan tidak nyaman dan terasa gatal, sungguh tidak enak, kan?
Jari Tangan yang Multifungsi
Tangan adalah anggota gerak yang pengaruhnya sangat luar biasa pada setiap aktifitas kita. Dari mulai makan hingga menarik selimut ketika akan tidur, kita menggunakan tangan sebagai alat membantu pergerakan aktifitas kita. Ketika kita sedang gatal maka otomatis tangan akan menggaruk daerah yang gatal itu, sungguh nikmat rasanya ketika rasa gatal itu bisa kita garuk. Bayangkan jika kita tidak mempunyai jari tangan, apa kita bisa menggenggam gelas, mengetik di laptop, bahkan menggaruk rasa gatal yang nikmatnya tidak bisa kita beli dengan materi?
Kentut
Eeiitttsss jangan ketawa dulu ya. Ada apa sih dengan kentut? Sahabat pernah merasakan masuk angin, kan? Tentunya perut kita tidak akan terasa enak karena angin (gas) yang ada di dalam tubuh kita 'ngulibek' di dalam perut. Apa yang kita lakukan untuk mengeluarkan angin itu dari tubuh kita? Ya jelas lah, dengan kentut. Bayangkan jika kita tidak bisa kentut, angin yang berada di dalam perut kita akan dibuang ke mana? Jika kita tidak bisa kentut saja harus dioperasi dengan biaya yang tidak murah, apalagi penyakit berat yang lainnya?
Sahabat, sebetulnya masih banyak nikmat yang seringkali kita tidak sadar menyepelekannya, namun pada tulisan ini hanya disebutkan beberapa saja. Nikmat-nikmat Allah yang disebutkan di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya nikmat yang Allah berikan. Sudah sepatutnya kita mensyukurinya sekecil apapun nikmat itu. Mari bersama-sama kita menjadi hamba Allah yang pandai bersyukur agar Allah semakin cinta kepada kita. Semoga bermanfaat.
Allaahumma a'innii 'alaa dzikrika wa syukrika wa husni 'ibaadatika.
"Ya Allah, bantulah aku dalam mengingat-Mu, mensyukuri (nikmat)-Mu dan beribadah kepada-Mu dengan baik."
"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?" (Q.S. Ar-Rahman [55] : 13).

Allahu A'lam.
 
sumber:  http://www.umatmuhammad.com/2012/09/nikmat-allah-yang-seringkali-kita.html#.UMqS-6yf7gY

0 komentar:

Posting Komentar