skip intro/masuk

Logo sciemics

Kamis, 22 November 2012

Pengeluaran Bidang IT Akan Ciptakan Pertumbuhan Yang Kuat Bagi Perbankan Syariah (Part 2)

Share on :

Perencanaan sumber daya perusahaan dan tata kelola hubungan dengan nasabah adalah salah satu kunci keberhasilan perbankan syariah di wilayah Timur Tengah dan Afrika. Ke depannya, bank syariah di regional tersebut akan fokus pada nasabah di daerah pusat kota untuk menarik para nasabah baru dan demi mempertahankan nasabah yang lama. Peningkatan efisiensi biaya operasional untuk menjaga kelincahan bisnis dan bank syariah akan terus meningkatkan investasinya di bidang inovasi teknologi untuk tetap bisa bersaing dengan bank konvensional serta tetap patuh pada ketentuan manajemen resiko.

Integrasi industri perbankan syariah ke dalam perekonomian nasional di wilayah MEA serta peningkatan permintaan terhadap produk-produk perbankan syariah sangat berkontribusi terhadap pertumbuhan asset. Selain itu, track record kesuksesan bank syariah dalam menghadapi hantaman krisis tahun 2008, peraturan industri yang ketat, serta dukungan politik yang meningkat dalam mendukung keuangan islam juga telah mendorong permintaan untuk layanan perbankan syariah di seluruh wilayah MEA, Arab Saudi, Kuwait, dan UAE. Selain itu, perbankan syariah di wilayah ini juga mengalami kenaikan dalam jumlah nasabah yang non-muslim dikarenakan ekspansi bisnis mereka ke semua wilayah. Hal ini tentunya menuntut investasi lebih tinggi dalam bidang IT.

Jika kita melihat ke luar wilayah Timur Tengah, beberapa Negara di Afrika juga kini telah memliki rencana untuk memasukkan produk-produk perbankan islam dalam rencana pembangunan mereka. Semua bank-bank konvensional besar di Afrika pun kini telah memiliki layanan perbankan syariah. Sementara itu, Kenya menjadi pintu gerbang tersendiri masuknya industri keuangan islam di wilayah Afrika Timur. Mesir pun kini telah mengeluarkan sukuk berbasis akad wakalah dengan jangka waktu 5 tahun. Libya juga telah berusaha operasional bank sentral mereka sesuai dengan syariah. Sedangkan Tunisia kini tengah menggodok peraturan terbaru mereka untuk industri keuangan syariah. Selain itu perkembangan sukuk di Turki juga semakin memukau dan berusaha untuk menyusul Malaysia. Hal ini didukung oleh populasi muslim yang kuat dan perkembangan regulasi keuangan islam.

sumber: http://www.ekonomisyariah.org/newsview/command/1/630/Pengeluaran-Bidang-IT-Akan-Ciptakan-Pertumbuhan-Yang-Kuat-Bagi-Perbakan-Syariah-%28Part-2%29

0 komentar:

Posting Komentar